Minggu, Maret 20, 2016

Manusia akhirnya menang lawan komputer super cerdas Google

Manusia akhirnya menang lawan komputer super cerdas Google
Setelah sebelumnya menang tiga kali beruntun melawan grandmaster catur China 'Go', komputer super cerdas milik Google "DeepMind" dengan programnya "AlphaGo" akhirnya kalah. Ini adalah kemenangan manusia pertama melawan AlphaGo.
Kemenangan grandmaster Go asal Korea Selatan, Lee Sedol, atas AlphaGo terjadi hari minggu kemarin (13/03) di Seoul, Korea Selatan. Setelah game keempat kemarin, Sedol mengaku telah menemukan kelemahan software AlphaGo.
"Satu kemenangan ini sangat berharga dan aku tidak akan menukarnya dengan apapun," ujar Sedol.
Sebelumnya, Sedol memang cukup frustasi di tiga game awal melawan AlphaGo karena salah satu pemain Go terbaik di dunia ini tidak menemukan satu pun kelemahan pada AlphaGo. Namun hari minggu kemarin, Sedol mendapat 'pencerahan'.
Sedol mengatakan saat dirinya membuat langkah baru yang tidak terduga, AlphaGo meresponnya sebagai 'bug' atau kesalahan sistem. Artinya, AlphaGo tidak cukup baik berurusan dengan kejutan, hal yang alami dilakukan oleh manusia.
Selain itu, AlphaGo diakui Sedol mengalami banyak kesulitan dalam permainan saat menjalankan batu hitam. Sekali lagi, ini menjadi bukti bila permainan Go sulit ditaklukkan oleh robot, sekaligus menegaskan butuh intuisi manusia untuk memenangkan game ini.
Game terakhir antara Sedol versus AlphaGo akan berlangsung hari Selasa besok. Meski sudah melewatkan hadiah USD 1 juta jika berhasil mengalahkan AlphaGo 3 kali, Sedol telah membuktikan manusia belum kalah dari komputer

Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar